Persepsi Wisatawan Domestik tentang Destination Image di Kota Bukittinggi

Irmayanto, Rudi Pratama (2018) Persepsi Wisatawan Domestik tentang Destination Image di Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RUDI_PRATAMA_IRMAYANTO_55605_5629_2018.pdf] Text
B1_04_RUDI_PRATAMA_IRMAYANTO_55605_5629_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap persepsi wisatawan domestik terhadap destinasi wisata yang ada di Kota Bukittinggi. Peneliti menemukan permasalahan antara lain kurangnya pemeliharaan terhadap atraksi yang ada, kurangnya tempat parkir bagi wisatawan yang datang, kurangnya fasilitas umum, tidak adanya angkutan umum yang dapat digunakan, banyaknya sampah yang berserakan, kurangnya pengetahuan petugas dan masyarakat setempat tentang destinasi wisata yang ada di Kota Bukittinggi serta penetapan harga yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekspektasi dan persepsi wisatawan tentang destinasi wisata di Kota Bukittinggi yang meliputi 6 indikator destinasi wisata yaitu: infrastructure, price & value, atraction, outdoor activities, entertainment & event, relaxation, accebilites, dan travel environment. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di Kota Bukittinggi yang berjumlah 32572 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan incidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum persepsiwisatawan domestik tentang destinasi wisata yang ada di Kota Bukittinggi 75% dari 100 orang responden menyatakan sesuai. Sedangkan berdasarkan masing-masing indikator yaitu: (1) Infrastructure 72% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (2) Price & Value 73% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (3) Atraction 65% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (4) Outdoor Activities 60% dari100 orang responden menyatakan sesuai, (5) Entertainment & Event 50% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (6) Relaxation 53% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (7) Accessibilites 50% dari 100 orang responden menyatakan sesuai, (8) Travel Environment 72% dari 100 orang responden menyatakan sesuai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Destinasi Wisata, Wisatawan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 05 May 2025 02:38
Last Modified: 05 May 2025 02:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9871

Actions (login required)

View Item
View Item