Roza, Elmi (2013) Kontribusi Perilaku Pemimpin dan Iklim Organisasi Terhadap Motivasi Berprestasi Guru MTsN Kabupaten Pesisir Selatan. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_ELMI_ROZA_59918_6093_2013.pdf [thumbnail of B1_1_ELMI_ROZA_59918_6093_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_1_ELMI_ROZA_59918_6093_2013.pdf
Download (458kB)
Abstract
Motivasi berprestasi dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam 
menentukan kualitas pendidikan. Dari hasil studi pendahuluan ditemukan bahwa 
motivasi berprestasi guru MTsN Kabupaten Pesisir Selatan tidak sebagaimana 
mestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, tapi yang 
dianggap lebih dominan yaitu, perilaku pemimpin dan iklim organisasi. Oleh 
karena itu, penelitian ini dirancang untuk menyelidiki kontribusi perilaku 
pemimpin dan iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi guru. Tujuan 
penelitian ini adalah 1) kontribusi perilaku pemimpin terhadap motivasi 
berprestasi guru, 2) kontribusi iklim organisasi terhadap motivasi berprestasi guru, 
3) kontribusi perilaku pemimpin dan iklim organisasi terhadap motivasi 
berprestasi guru. 
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metoda kuantitatif 
dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah 304 orang guru MTsN 
Kabupaten Pesisir Selatan. Sampel 52 orang guru yang terpilih melalui teknik  
stratified proportional random sampling. Penelitian analisis model skala Likert 
yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data ini dianalisis secara statistik  
menggunakan teknik korelasi dan regresi menggunakan program SPSS Versi 17. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemimpin berkontribusi terhadap 
motivasi berprestasi Guru MTsN Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran 
kontribusi sebesar 16,5%,  Ikim organisasi berkotribusi terhadap motivasi 
berprestasi guru MTsN Kabupaten Pesisir Selatan dengan besaran sebesar 18,7%, 
Perilaku pemimpin dan iklim organisasi secara bersama-sama berkontribusi 
terhadap motivasi berprestasi sebesar 31,8%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk 
meningkatkan motivasi berprestasi yang baik dan ideal sebaiknya dilakukan 
melalui perilaku pemimpin dan iklim organisasi.
| Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan-S2 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 05 May 2025 02:29 | 
| Last Modified: | 05 May 2025 02:29 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9866 | 
 
         