Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Balai Pengembangan kegiatan Belajar (BPKB) Sumatera Barat

Elmizar, Elmizar (2012) Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Balai Pengembangan kegiatan Belajar (BPKB) Sumatera Barat. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELMIZAR_19162_6813_2012.pdf] Text
B1_1_ELMIZAR_19162_6813_2012.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pelatihan
fungsional Pamong Belajar SKB yang diselenggarakan oleh BPKB Sumatera Barat..
BPKB Sumatera Barat belum pernah melakukan evaluasi terhadap pelatihan -
pelatihan yang telah diselengarakan, khususnya yang berhubungan dengan konteks,
input, proses, produk dari pelaksanaan pelatihan fungsional Pamong belajar SKB,
sehingga tidak terlihat peningkatan produktifitas hasil dari pelatihan secara kualitatif.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan
kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP (Context, Input,
Process, Product). Sumber data berasal dari 30 orang Pamong Belajar SKB yang telah
dilatih di BPKB tahun 2010, 19 orang kepala SKB di Kab/Kota, pelatih dan
penyelenggara pelatihan. Data dikumpulkan menggunakan angket, lembar observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Angket dianalisis dengan statistik deskriptif dengan
teknik persentase.
Temuan penelitian terhadap konteks 13 orang (43,33%) menyatakan baik
sedangkan yang menyatakan tidak baik yaitu sebanyak 3 orang (10,00%). Evaluasi
masukan (input) terhadap pelatihan Fungsional Pamong Belajar SKB dinilai sudah
terpenuhi dengan baik. Dari 30 orang pamong, 15 orang (50,00%) menyatakan baik
sedangkan yang menyatakan tidak baik yaitu sebanyak 2 orang (6,67%). Evaluasi
proses (process) terhadap pelatihan fungsional Pamong Belajar SKB dinilai sudah
baik. Dari 30 orang pamong, 15 orang (50,00%) menyatakan baik sedangkan yang
menyatakan tidak baik yaitu sebanyak 2 orang (6,67%). Evaluasi Produk terhadap
pelatihan Fungsional Pamong Belajar SKB dinilai sudah baik. Dari 30 orang pamong,
19 orang (63,33%) menyatakan baik sedangkan yang menyatakan tidak baik tidak ada
atau (0,00%). Evaluasi Program Pelatihan Fungsional Pamong Belajar Sanggar
Kegiatan Belajar (SKB) di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar (BPKB) Sumatera
Barat sudah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 02:29
Last Modified: 05 May 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item
View Item