Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi

Elniyeti, Elniyeti (2011) Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_ELNIYETI_51910_3106_2012.pdf] Text
B1_1_ELNIYETI_51910_3106_2012.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan hasil belajar
bahasa Indonesia antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri
dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (2)
perbedaan hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki pengetahuan awal
tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa pengetahuan
awal tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional, (3) perbedaan
hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah
yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang
berpengetahuan awal rendah yang diajar
dengan strategi pembelajaran
konvensional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Teluk
Kuantan. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik total sampling, seluruh
populasi dijadikan sampel. Setelah dilakukan pengundian diperoleh siswa kelas
X.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X.1 sebagai kelas kontrol.
Penelitian ini adalah penelitain quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2.
Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif
berbentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan t- tes.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar bahasa Indonesia
siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dari pada hasil
belajar bahasa Indonesia yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional,
baik pada kelompok siswa yang berpengetahuan awal tinggi maupun kelompok
siswa yang berpengetahuan awal rendah. Penerapan strategi pembelajaran inkuiri
dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 05 May 2025 02:29
Last Modified: 05 May 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item
View Item