Latifah, Latifah (2018) Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini oleh Guru di Lembaga PAUD Adzkia III Kelurahan Korong Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_LATIFAH_1304819_1043_2018.pdf [thumbnail of B1_04_LATIFAH_1304819_1043_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_LATIFAH_1304819_1043_2018.pdf
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya rasa percaya diri anak usia dini di Lembaga PAUD Adzkia III, Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Hal ini dilihat dari keberanian anak mengutarakan pendapat kepada guru maupun teman, tidak malu menegur teman jika salah, menasehati antar sesama, dan tidak ragu ketika tampil di depan kelas. Kondisi ini diduga adanya hubungan dengan penanaman rasa percaya diri yang diterapkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penanaman rasa percaya diri pada anak usia dini di lembaga PAUD Adzkia III dari aspek kemandirian, berpikiran positif, dan berani mengungkapkan pendapat yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang berjumlah 29 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling didapatkan sampel 22 orang dari 75% populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembaran kuesioner. Teknik analisis data adalah menggunakan teknik dekskriptif kuantitatif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa, 1) gambaran penanaman rasa percaya diri anak usia dini pada aspek mandiri yang diberikan oleh guru terlihat sangat baik, 2) gambaran penanaman rasa percaya diri anak usia dini pada aspek berpikiran positif yang diberikan oleh guru terlihat sangat baik, dan 3) gambaran penanaman rasa percaya diri anak usia dini pada aspek berani mengungkapkan pendapat yang diberikan oleh guru terlihat sangat baik. Saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru agar dapat mempertahankan dan meningkatkan penanaman rasa percaya diri di sekolah sehingga rasa percaya diri anak terus meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penanaman, rasa percaya diri |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | VANYA VANYA |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:20 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9855 |