Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 10 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012

Saltifa, Poni (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 10 Padang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_Poni Saltifa (04963).pdf] Text
B1_2_Poni Saltifa (04963).pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa kelas X SMAN 10
Padang diduga disebabkan oleh kebiasaan siswa menghafal konsep matematika dan pemberian rumus atau konsep matematika secara langsung oleh guru, sehingga konsep tidak tertanam dengan baik dalam ingatan siswa. Untuk itu, dilakukan
penelitian dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah hasil belajar pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika dengan penerapan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik
daripada hasil belajar pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran konvensional?”. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri lebih baik
daripada hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2011/2012. Dengan melakukan langkah-langkah pengambilan sampel maka terpilih kelas X1 sebagai
kelompok eksperimen dan kelas X7 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes akhir berupa soal essay yang menguji kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan Uji t.Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa rata-rata nilai tes akhir dan prosentase ketuntasan siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi inkuiri lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya secara konvensional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan hasil belajar pemahaman konsep matematika
siswa kelas X SMAN 10 Padang yang setelah diterapkannya strategi pembelajaran inkuiri lebih baik daripada hasil belajar pemahaman konsep matematika siswa setelah
diterapkannya pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 05 May 2025 02:18
Last Modified: 05 May 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item
View Item