Toni, Marwan (2014) Efektifitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Bagi Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research di SLB N 1 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_MARWAN_TONI_11619_1155_2014.pdf [thumbnail of B1_2_MARWAN_TONI_11619_1155_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_MARWAN_TONI_11619_1155_2014.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan
di SLB Negeri 1 Padang, seorang anak tunagrahita ringan kelas IV yang
mengalami masalah dalam membaca. Anak belum bisa membaca sama sekali
sedangkan anak sudah duduk di kelas IV, anak hanya bisa mengeja kata. Anak
juga malas dalam belajar, cepat bosan dan sedikit agak pendiam. Melihat kondisi
anak seperti itu, peneliti ingin mengajarkan anak membaca dengan belajar sambil
bermain dengan memanfaatkan lingkungan sekolah yang ada. Berdasarkan hal
tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pemanfaatan
lingkungan sekolah efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata bagi
anak tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri 1 Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Single Subject Research, dengan
desain A-B dan teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik.
Subjek penelitian adalah anak tunagrahita ringan kelas IV, dimana anak disuruh
berkeliling lingkungan sekolah sambil membaca plang nama-nama tumbuhan
yang terdapat dilingkungan sekolah. Pengukuran variabelnya dengan
menggunakan persentase berapa banyak nama-nama tumbuhan yang dibaca anak
dengan benar dari 10 nama-nama tumbuhan yang ada dilingkungan sekolah. Satu
nama tumbuhan yang dibaca anak dengan betul maka nilainya sepuluh.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca kata anak meningkat.
Pada kondisi Baseline, dari 10 nama-nama tumbuhan yang ada dilingkungan
sekolah, anak stabil dinilai 20 atau 20% dari hari keempat sampai hari keenam.
Pada kondisi intervensi, jumlah kata yang bisa dibaca anak meningkat, dari 10
nama-nama tumbuhan yang ada dilingkungan sekolah, anak stabil dinilai 60 atau
60% dari hari keempat belas, kelima belas dan keenam belas. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka analisis data dalam kondisi dan antar kondisi memiliki
estimasi kecendrungan arah, kecendrungan kestabilitas, jejak data dan perubahan
level yang menunjukkan peningkatan kemampuan membaca kata secara posistif,
dan overlap data pada analisis antar kondisi sangat kecil yaitu 0%, hal ini
menunjukkan semakin kecil persentase overlape maka semakin baik pengaruh
intervensi terhadap perubahan target behavior dalam penelitian ini. Berdasarkan
analisis data tersebut, menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah
efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak kelas IV di
SLB Negeri 1 Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 04 May 2025 07:45 |
Last Modified: | 04 May 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9817 |