Wahyuni Mulia, Helmi (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Teks Cerita Rakyat Legenda Masyarakat Minangkabau. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_WAHYUNI_MULIA_HELMI_1204405_2075_2022.pdf [thumbnail of B1_8_WAHYUNI_MULIA_HELMI_1204405_2075_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_WAHYUNI_MULIA_HELMI_1204405_2075_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada teks cerita rakyat
legenda masyarakat Minangkabau. Teks cerita rakyat legenda masyarakat
Minangkabau yang tersebar di daerah Sumatera Barat ini memuat nilai-nilai
pendidikan karakter, dan nilai-nilai tersebut perlu diteruskan kepada generasi
berikutnya. Namun pada masa sekarang, teks cerita rakyat legenda sudah jarang
disampaikan kepada anak-anak masyarakat suku bangsa Minangkabau.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menjelaskan nilai-nilai
pendidikan karakter yang terdapat pada teks cerita rakyat legenda masyarakat
Minangkabau. Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi (content analysis)
dengan menggunakan metoda deskriptif kualitataif. Data dalam penelitian ini berupa
kata, frase, klausa, kalimat, dan interpretasinya yang diyakini berisi nilai-nilai
pendidikan karakter. Metoda untuk menganalisis data penelitian ini dilakukan
melalui tiga alur kegiatan, yaitu: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Nilai-nilai pendidikan karakter
yang berhubungan dengan keimanan dan ketaqwaan pada teks cerita rakyat legenda
masyarakat Minangkabau bertema kedurhakaan dapat dilihat dari indikator percaya
kepada Tuhan YME; mengerjakan perintah dan meninggalkan larangan Tuhan;
amanah; bersyukur; dan ikhlas. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan
dengan kejujuran pada teks rakyat legenda masyarakat Minangkabau bertema
kedurhakaan dapat dilihat dari indikator perilaku berkata apa adanya; dan menepati
janji. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang berhubungan dengan kecerdasan pada
teks cerita rakyat legenda masyarakat Minangkabau bertema kedurhakaan dapat
dilihat dari indikator terarah, berfikir logis dan analitis, objektif; mampu mencari
solusi; dan berfikir positif, maju, terbuka. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter yang
berhubungan dengan ketangguhan pada teks cerita rakyat legenda masyarakat
Minangkabau bertema kedurhakaan dapat dilihat dari indikator teliti, sportif; sabar;
disiplin; ulet, tidak mudah putus asa; bekerja keras; berani menanggung resiko;
menjaga keselamatan dan kesehatan. (5) Nilai-nilai pendidikan karakter yang
berhubungan dengan kepedulian pada teks cerita rakyat legenda masyarakat
Minangkabau bertema kedurhakaan dapat dilihat dari indikator patuh pada aturan
dan norma; sopan dan santun
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter Legenda Masyarakat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:45 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9814 |