Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android

Suherman, uherman (2021) Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_SUHERMAN_1304346_2021.pdf] Text
B1_8_SUHERMAN_1304346_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sistem pembelajaran Blended learning adalah pembelajaran yang dilakukan
dengan mengkombinasikan pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran seperti
mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online learning
atau mengkombinasikan pembelajaran informal dengan pembelajaran formal.
Dalam pelaksanaan blended learning mahasiswa masih terlihat mengalami kesulitan
dalam mengerti bagaimana blended learning yang dituntut untuk mandiri.
Mahasiswa masih menganggap tanpa kehadiran dosen dikatakan masih belum
terjadinya proses pembelajaran. Perlu adanya komposisi yang tepat dalam mengelola
strategi, online, offline dan tatap muka. Berdasarkan kesuksesan penerapan mobile
learning diberbagai penelitian yang berhubungan dengan penggunaan perangkat
android, dan untuk penyokong sistem pembelajaran blended learning yang
direncanakan, maka perlu dikembangkan Blended Learning : Model Perkuliahan
Aktuaria Berbasis Android. Pengembangan Blended Learning : Model Perkuliahan
Aktuaria Berbasis Android ini memanfaatkan design research yang
mengkobinasikan tiga jenis model pengembangan yaitu (1) model pengembangan
Gerlach & Ely, (2) model pengembangan Kemp, dan (3) model pengembangan IDI.
Model pengembangan hasil kombinasi ketiga model tersebut dinamakan Model
Pengembangan Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android (PABA). Model
Pengembangan PABA terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) Tahap Perancangan, (2) Tahap
Pengembangan, dan (3) Tahap Pengevaluasian. Subjek yang digunakan dalam
penelitian ini adalah mahasiswa Semester IV Program Studi Matematika FMIPA
Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
analisis dokumen, wawancara, observasi, penyebaran kuesioner, dan tes. Penelitian
ini menghasilkan Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android
yang dihasilkan memiliki perangkat yang (1) valid, dengan karakteristik sangat valid
dan sesuai dengan kebutuhan, (2) praktis, dengan karakteristik dapat digunakan,
mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang sangat baik; dan (3) efektif, bahwa
Blended Learning : model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android yang
dikembangkan berdampak terhadap baik kemampuan hasil belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning Model Perkuliahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:45
Last Modified: 03 May 2025 03:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9811

Actions (login required)

View Item
View Item