Model Pembelajaran Membaca Berbasis Think Pair Share

Suhaimi, Suhaimi (2021) Model Pembelajaran Membaca Berbasis Think Pair Share. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_SUHAIMI_11082_4776_2022.pdf] Text
B1_8_SUHAIMI_11082_4776_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang ditemukan
peneliti pada riset awal. Pengajaran Reading masih didominasi dengan pemberian
latihan membaca di dalam kelas tanpa dibarengi dengan upaya untuk mengajarkan
cara atau strategi membaca. Mahasiswa diharapkan untuk dapat membaca dengan
lancar tanpa diberikan kegiatan membaca yang dapat membantu mereka untuk
membaca lancar. Suatu solusi dari permasalahan ini adalah melalui penelitian riset
dan pengembangan dengan model think pair share pada pembelajaran membaca
dalam mata kuliah Reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
pembelajaran membaca yang aplikatif dan adaptabel (sesuai kebutuhan
pembelajaran dan karakteristik mahasiswa). Jenis penelitian dapat dimasukkan
kedalam penelitian dan pengembangan. Model pengembangan ADDIE digunakan
untuk mengembangkan model pembelajaran dan sistim pendukungnya. Uji coba
produk dilakukan pada mahasiswa semester dua Pendidikan Bahasa Inggris IAIN
Kerinci. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi,
lembar angket, dan lembar tes tertulis. Untuk menjamin keabsahan produk,
peneliti memvalidasi instrument tersebut kepada pakar. Berdasarkan analisis data
dapat dinyatakan empat hasil dari penelitian ini. Pertama, dalam pelaksanaan
pembelajaran membaca pada mata kuliah Reading dosen masih belum
mengajarkan cara atau starategi membaca untuk membantu mahasiswa membaca
dengan lebih baik, dan Dosen tidak mengaitkan materi pembelajaran yang
dipelajari dengan materi sebelumnya dan menyampaikan kompetensi dasar materi
perkuliahan hanya berdasarkan silabus yang telah difotokopi mahasiswa. Kedua,
disain model pembelajaran membaca berbasis Think Pair Share didasarkan pada
komponen utama untuk mendeskripsikan suatu model pembelajaran dan landasan
filosofis, dan pembelajaran think pair share. Ketiga, nilai validitas dari model
pembelajaran membaca dan sistim pendukung yang dikembangkan dapat
diklasifikasikan dalam kategori sangat baik, dan penggunaan model pembelajaran
membaca berbasis think pair share adalah praktis pada mata kuliah Reading.
Keempat, model pembelajaran membaca berbasis think pair share adalah efektif
untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa dan memberikan efek
positif pada kompetensi mahasiswa mencakup pengetahuan, dan keterampilan
literasi fungsional, saintifik, dan literasi visual

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:44
Last Modified: 03 May 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9810

Actions (login required)

View Item
View Item