Pengembangan Model Project Based Learning Berbasis STEMS untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA

Fajrina., Suci (2021) Pengembangan Model Project Based Learning Berbasis STEMS untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa pada Pembelajaran Biologi di SMA. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_SUCI_FAJRINA_18169022_4165_2021.pdf] Text
B1_8_SUCI_FAJRINA_18169022_4165_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil riset awal menunjukkan masih rendahnya keterampilan 4C pada diri
siswa, karena pembelajaran biologi yang seharusnya menekankan keterlibatan aktif
siswa dengan merancang proyek berbasis STEMS belum dilakukan secara optimal.
Upaya mengatasi masalah ini dikembangkan model project based learning berbasis
STEMS pada pembelajaran biologi di SMA. Penelitian ini menggunakan desain
pengembangan Plomp yang terdiri dari yang terdiri dari preliminary research,
prototyping phase, assessment phase. Tahap preliminary research dilakukan
analisis karakteristik model pembelajaran biologi SMA, analisis kurikulum, analisis
karakteristik siswa, dan analisis materi pembelajaran. Tahap prototyping phase
dilakukan desain prototipe model pembelajaran yang meliputi sintaks, sistem sosial,
prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang
selanjutnya dilakukan uji validitas, praktikalitas, dan uji efektivitas. Tahap
assessment phase dilakukan uji coba lapangan untuk mengukur tingkat efektivitas
model yang dikembangkan. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui
lembar validasi model pembelajaran. Data penelitian dari uji praktikalitas diperoleh
melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan
siswa. Data penelitian dari uji efektivitas diperoleh dari penilaian keterampilan 4C
siswa. Hasil penelitian tahap preliminary research pada analisis karakteristik model
pembelajaran biologi SMA diperoleh bahwa pembelajaran biologi harus
menekankan pada pada keterlibatan siswa melalui aktivitas membuat proyek.
Analisis kurikulum diperoleh bahwa kurikulum yang menjadi landasan
pembelajaran biologi SMA adalah Kurikulum 2013. Analisis materi diperoleh
materi pembelajaran biologi tentang pencemaran lingkungan. Hasil penelitian pada
tahap prototyping phase diperoleh sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem
pendukung, dampak instruksional dan pengiring yang dirancang mengikuti
langkah-langkah model project based learning berbasis STEMS untuk
meningkatkan keterampilan 4C. Hasil penelitian tahap assessment phase pada uji
validitas diperoleh persentase rata-rata tiap aspek pada buku model, buku guru, dan
buku siswa berturut-turut pada adalah (3,98); (4, 06); dan (4,47) dengan kriteria
valid. Hasil analisis uji prakikalitas model berdasarkan observasi keterlaksanaan
pembelajaran diperoleh rata-rata 4,06, angket kepraktisan model menurut guru
4,21, dan angket kepraktisan menurut siswa 4,20 dengan kriteria praktis.
Selanjutnya hasil uji efektivitas melalui analisis deskriptif, efektif untuk
meningkatkan keterampilan 4C siswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Project based Learning keterampilan 4C
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:44
Last Modified: 03 May 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item
View Item