Bandri, Sepannur (2020) Peningkatan Kompetensi Belajar Mahasiswa Prodi Vokasi Teknik Elektro ITP melalui Model Pembelajaran Employability Skill. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_SEPANNUR_BANDRI_15193044_711_2021.pdf [thumbnail of B1_8_SEPANNUR_BANDRI_15193044_711_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_SEPANNUR_BANDRI_15193044_711_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Terjadinya perubahan pola bekerja yang sangat cepat pada era revolusi
industri 4.0 menuntut pekerja yang memiliki keterampilan generik dan
keterampilan spesifik untuk menghadapi situasi baru dan situasi yang sudah biasa.
Keterampilan generik yang dibutuhkan antara lain kemampuan dalam bernalar,
jujur, disiplin, pekerja keras, bertanggung jawab, mampu memecahkan masalah,
mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerja sama. Namun
keterampilan generik belum dikembangkan secara maksimal pada prodi vokasi
Institut Teknologi Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model
pembelajaran employability skill untuk meningkatkan kompetensi belajar ranah
pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa prodi vokasi ITP. Kompetensi
belajar pada ranah sikap yang dikembangkan adalah kemampuan pemecahan
masalah, berpikir kritis, kerjasama, komunikasi, bekerja keras dan disiplin.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari
5 langkah, yaitu analisis kebutuhan, perancangan model, pengembangan model,
implementasi model dan evaluasi. Sampel uji coba adalah mahasiswa prodi vokasi
ITP yang sedang mengambil mata kuliah Instalasi Listrik. Validasi model
pembelajaran dilakukan oleh 5 pakar sedangkan uji praktikalitas dan efektivitas
dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 8 mahasiswa dan kelompok besar
terdiri dari 16 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran employability skill
efektif dalam meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa pada ranah
pengetahuan, keterampilan, dan employability skill. Peningkatan kompetensi
belajar terjadi baik pada pelaksanaan uji coba kelompok kecil maupun kelompok
besar. Hasil yang didapat pada kelompok besar untuk ranah pengetahuan adalah
0,33 (gain score) dan ranah keterampilan dan employability skill sebesar 93,8 dan
71,5. Terjadinya peningkatan kompetensi belajar mahasiswa pada ketiga ranah
disebabkan sintaks model yang memberi kesempatan kepada semua mahasiswa
untuk belajar secara individu dan kelompok. Pembelajaran secara individu dan
kelompok secara nyata dapat membantu mahasiswa mengembangkan
keterampilan yang menjadi target model pembelajaran employability skill seperti
kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, kerjasama, bekerja keras disiplin
dan bertanggung jawab
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Employability Skill Kompetensi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9807 |