Mulya, Rudi (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Praktikum berbasis Laboratorium Virtual di Pendidikan Vokasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_RUDI_MULYA_18193019_2188_2022.pdf [thumbnail of B1_8_RUDI_MULYA_18193019_2188_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_RUDI_MULYA_18193019_2188_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan vokasional sebagai education-for-work berlandaskan pada
filosofi esensialisme, eksistensialisme, pragmatisme, dan memiliki karakteristik
pembelajaran teori dan praktik/praktikum. Praktikum biasanya dilakukan di
laboratorium real (hands-on) selain memiliki keunggulan juga memiliki beberapa
keterbatasan seperti tidak bisa memenuhi pembelajaran jarak jauh, persoalan
keterbatasan sarana dan prasarana sehingga berdampak belum tercapainya tujuan
pembelajaran yang diharapkan, dan fenomena pandemi Coronavirus Disease-19
(Covid-19) berdampak perubahan sistem pendidikan dari classical learning
menjadi digital learning. Untuk itu dikembangkan model pembelajaran praktikum
berbasis laboratorium virtual terintegrasi dengan pembelajaran berbasis proyek
untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran praktikum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and
Development (R&D) menggunakan desain Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu:
1) penelitian pendahuluan, 2) fase pengembangan atau prototipe, dan 3) fase
penilaian. Subjek uji coba terbatas melibatkan 15 orang mahasiswa dan subjek uji
coba diperluas melibatkan 21 orang mahasiswa jurusan Teknik Elektronika-D3
FT UNP.
Hasil pengembangan model pembelajaran praktikum berbasis laboratorium
virtual (MPPBLV) di pendidikan vokasi menunjukkan sangat efektif. Model ini
juga memiliki keunggulan dapat menciptakan lingkungan kerja kolaborasi secara
online untuk menyelesaikan praktikum dan proyek yang telah ditetapkan.
Karakteristik MPPBLV di pendidikan vokasi yang valid dan praktis bahan ajar,
buku panduan dosen, dan buku panduan mahasiswa yang dapat diterapkan dengan
mudah.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Laboratorium Virtual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9806 |