Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi (MPSI) di Perguruan Tinggi

Riswan, Riswan (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning pada Matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi (MPSI) di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_RISWAN_1304403_4729_2022.pdf] Text
B1_8_RISWAN_1304403_4729_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk
mengembangkan model blended learning terhadap perkuliahan MPSI yang valid,
efektif, serta praktis untuk mahasiswa STMIK Nurdin Hamzah pada khususnya
dan umumnya pada perkuliahan MPSI di Perguruan Tinggi.
Prosedur penelitian dilaksanakan dengan model Borg & Gall (1989) yang
dimodifikasi ke dalam lima tahapan: 1) identifikasi masalah dan analisis
kebutuhan, 2) perancangan pembuatan model, 3) Validasi ahli dan revisi, 4) uji
lapangan skala kecil, dan revisi awal, 5) uji lapangan skala besar, dan revisi akhir.
Model divalidasi melalui Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di
Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Perangkat pembelajaran berupa silabus,
sap materi pembelajaran, dan desain media dilakukan validasi penilaian oleh
dosen Pascasarjana Universitas Negeri Jambi, dan Universitas UPI Padang. Hasil
penilaian para dosen tersebut, dilanjutkan pengujian reliabilitas inter-rater.
Instrumen penelitian juga dilakukan validasi secara empirik dengan aplikasi SPSS
22 terhadap korelasi Pearson Product Moment, sehingga didapat Capaian respon
responden, uji realibilitas berdasarkan nilai Cronbach’ Alpha, distribusi frekuensi
skor pretest dan posttest, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t, dan Uji
Efektivitas, dan Uji Praktikalitas.
Hasil penelitian ini diberinama model Blended Learning Center (BLC)
berupa aplikasi pembelajaran berbasis degital, didukung dengan buku panduan
pengoperasian Manajemen Proyek Sistem Informasi untuk Dosen dan Mahasiswa.
Berdasarkan temuan, dapat disimpulkan bahwa model blended learning secara
signifikan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Manajemen Proyek
Sistem Informasi. Implikasi dari penelitian ini, dapat dilakukan model blended
learning untuk proses pengajaran matakuliah lainnya. Peniliti menyarankan,
penelitian R&D yang sama dapat dilakukan untuk menguji efektivitas program
pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:43
Last Modified: 03 May 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item
View Item