Transformasi Nilai-nilai Budaya Minang dalam Pendidikan Karakter Anak Keluarga Perantau Minang (IKM) di Kecamatan Panam Kota Pekanbaru

Yanti, Rini Parmila (2022) Transformasi Nilai-nilai Budaya Minang dalam Pendidikan Karakter Anak Keluarga Perantau Minang (IKM) di Kecamatan Panam Kota Pekanbaru. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_RINI_PARMILA_YANTI_18169017_1984_2022.pdf] Text
B1_8_RINI_PARMILA_YANTI_18169017_1984_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsep transformasi sendiri merujuk pada perubahan bentuk dengan tidak
menghilangkan unsur lamanya. Sehingga, warisan leluhur kita tetap dapat
terwariskan, dengan beberapa sedikit modifikasi. Transformasi bisa diterapkan
dalam berbagai strategi, mulai dari cara menggelar kesenian, publikasi, hingga
dalam rekayasa sosialnya. Teori yang di gunakan yakni Fungsionalisme
Struktural. Talcott Parsons terkenal dengan empat imperatif fungsional bagi sistem
“tindakan” yaitu skema AGIL. AGIL, fungsi adalah suatu gugusan aktivitas yang
diarahkan untuk memenuhi satu atau beberapa kebutuhan sistem. Parsons meyakini
bahwa perkembangan masyarakat berkaitan erat dengan perkembangan keempat
unsur subsistem utama yaitu kultural (pendidikan), kehakiman (integrasi),
pemerintahan (pencapaian tujuan), dan ekonomi (adaptasi). Penelitian ini
merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode
kualitatif. Lokasi penelitian ini di Pekanbaru dengan hasil penelitian yang di
fokuskan pada empat nilai-nilai budaya Minangkabau, diantara begitu banyak lagi
nilai-nilai yang terkandung yakni: Nilai religius Sopan santun yang terkandung
dalam “kato nan ampek” Jiwa enterprenership budaya merantau memiliki daya
juang dalam kehidupan yang terkandung pada pepatah minang “karakok madang
di hulu ba buah ba bungu balun, marantau badan dahulu dirumah paguno balun

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai budaya budaya minang pendidikan karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:42
Last Modified: 03 May 2025 03:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9804

Actions (login required)

View Item
View Item