Wijaya, Rian Farta (2021) Pengembangan Model Mobile Project Based Learning Pada Mata Kuliah Aplikasi Mobile. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_RIAN_FARTA_WIJAYA_17193061_199_2022.pdf [thumbnail of B1_8_RIAN_FARTA_WIJAYA_17193061_199_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_RIAN_FARTA_WIJAYA_17193061_199_2022.pdf
Download (798kB)
Abstract
Penelitian ini berjudul pengembangan model mobile project based learning,
yang diangkat berdasarkan dari permasalahan model pembelajaran project based
learning yang belum mendapatkan hasil memuaskan, saat digunakan pada
pembelajaran di mata kuliah aplikasi mobile. Model project based learning belum
dapat bekerja dengan maksimal, dikarenakan kurangnya motivasi belajar
mahasiswa. Mata kuliah aplikasi mobile juga kurang diminati oleh mahasiswa.
Ditambah lagi dengan keadaan pandemic covid 19, yang menyebabkan
pembelajaran tatap muka, menjadi online. Sehingga masalah yang dihadapi
mahasiswa bertambah, seperti harus menyediakan paket data internet yang besar,
internet yang stabil, dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan model
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, dan minat belajar mahasiswa.
Selain itu, juga dapat digunakan untuk pembelajaran secara online.
Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan dengan studi
pendahuluan, validasi ahli pada instrumen penelitian, dan menguji coba produk.
Validasi yang dilakukan ahli pada instrumen, selanjutnya di uji dengan
menggunakan uji aiken’s V, dan software SPSS. Hasil dari analisis data yang
telah diuji, mendapatkan informasi mengenai validitas, praktikalitas, dan
efektifitas dari model yang dikembangkan. Model pembelajaran ini memiliki 6
sintak yaitu, memulai dengan pertanyaan mendasar, mendesain rencana proyek,
fokus dengan mobile learning, menguji proyek yang dihasilkan, dan mengevaluasi
pengalaman. Model ini juga menghasilkan produk seperti buku model, modul
ajar, buku panduan dosen, buku panduan mahasiswa, dan mobile learning yang
sudah terbukti dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dari aspek kognitif,
afektif, dan psikomotorik
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Project Based Learning Aplikasi Mobile |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:42 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9803 |