Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Sekolah Menengah Atas

Azizah, Nur (2020) Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Sekolah Menengah Atas. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_NUR_AZIZAH_1019457_2809_2022.pdf] Text
B1_8_NUR_AZIZAH_1019457_2809_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyak siswa yang mendapatkan capaian matematika yang rendah, hal ini
dapat dilihat dari hasil ujian harian siswa, hasil ujian nasional, dan skor TIMSS.
Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu proses pembelajaran yang
tidak efektif, siswa yang pasif dalam belajar, atau dikarenakan materi
pembelajaran. Pada penelitian ini, pengembangan desain pembelajaran yang
dikembangkan adalah rencana pembelajaran dan materi pembelajaran yang
berbasis pendidikan matematika realistik (PMR). Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendesain dan menghasilkan desain pembelajaran yang valid,
praktis dan efektif yang berbasis pendidikan matematika realistik. Jenis dari
penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp
yang terdiri dari penelitia pendahuluan, fase prototipe dan fase asesmen. Teknik
Analisa data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan teknik deskriptif,
yang mendeskripsikan desain pembelajaran yang valid, praktis dan efektif melalui
buku guru dan buku siswa berbasis pembelajarn matematika realistik. Hasil yang
ditunjukkan dari pembelajaran pada materi barisan dan deret berbasis pendekatan
pembelajaran matematika realistik melalui buku guru dan buku siswa adalah
valid, praktis dan efektif. Buku-buku tersebut valid karena buku tersebut
memenuhi karakteristik dari validitas baik dari segi isi maupun konsep. Buku
buku tersebut dikatakan praktis, karena kedua bukunya mudah untuk digunakan
dan dapat dimengerti. Dan pengalokasian waktunya sangat efisien, menarik dan
sangat membantu pembelajaran. Selanjutnya, dikataan efektif karena penggunaan
desain ini memiliki pengaruh yang besar pada siswa di Sekolah Menengah Atas

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:41
Last Modified: 03 May 2025 03:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9801

Actions (login required)

View Item
View Item