Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Sekolah Dasar

Syafriafdi, Non (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_NON SYAFRIAFDI_1104284_6132_2019.pdf] Text
B1_8_NON SYAFRIAFDI_1104284_6132_2019.pdf

Download (979kB)

Abstract

Studi pendahuluan pada beberapa Sekolah Dasar di Kabupaten Indragiri
Hilir melalui wawancara dan observasi ditemukan bahwa perangkat pembelajaran
matematika yang digunakan oleh Guru belum memfasilitasi siswa untuk
mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan
pendidikan matematika realistik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan
dalam penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa kelas 5 materi pecahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development), menggunakan desain pengembangan Plomp (2010) yang memiliki
tiga tahap atau fase, yaitu: (1) Penelitian pendahuluan (preliminary research). (2)
Prototype (prototyping), yakni (a) mendesain, (b) evaluasi formatif dan (c) revisi
prototype. (3) Penilaian (assessment). Tahap penilaian ini bertujuan untuk
mengetahui sejauh mana kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat
pembelajaran matematika dalam pembelajaran. Setelah dilakukan revisi
berdasarkan uji coba lapangan (field test) pada satu kelas yaitu uji praktikalitas
dan uji efektivitas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 5. Teknik pengumpulan
data berupa tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif, yaitu mendeskripsikan validitas, praktikalitas, dan efektivitas perangkat
pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pendidikan
matematika realistik.
Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid diketahui dari penilaian
para validator dari segi organisasi, format, materi, dan bahasa bahwa perangkat
pembelajaran berupa buku siswa dan guru layak digunakan. Perangkat
pembelajaran dihasilkan memenuhi kriteria praktis yakni mudah digunakan,
mudah dipahami dan sangat membantu proses pembelajaran. Perangkat
pembelajaran dikatakan efektif karena dapat meningkatkan motivasi belajar
berupa rasa senang, percaya diri dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa produk perangkat pembelajaran matematika
dengan pendekatan pendidikan matematika realistik memenuhi kriteria valid,
praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Pembelajaran Matematika Matematika Realistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:40
Last Modified: 03 May 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9799

Actions (login required)

View Item
View Item