Nofrion, Nofrion (2019) Pengembangan Model Pembelajaran EXO OLO TASK untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pembelajaran Geografi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_NOFRION_14169044_2412_2019.pdf [thumbnail of B1_8_NOFRION_14169044_2412_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_NOFRION_14169044_2412_2019.pdf
Download (979kB)
Abstract
Permasalahan utama yang melatarbelakangi penelitian ini adalah 1) aktivitas
belajar didominasi oleh aktivitas belajar dasar yang belum mengacu kepada
pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, 2) soal-soal yang disajikan
dalam pembelajaran masih dalam level LOTS dan MOTS, 3) guru belum terlatih untuk
membuat soal-soal HOTS serta 4) kolaborasi dalam pembelajaran masih rendah. Oleh
sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran yang
valid, praktis dan efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi
siswa serta meningkatkan kualitas aktivitas belajar dalam pembelajaran Geografi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan
(research & development). Produk yang dikembangkan adalah Model Pembelajaran EXO
OLO Task beserta komponen-komponennya yang dikembangkan dengan model ADDIE
yang terdiri lima tahapan yaitu 1) analisis, 2) disain, 3) pengembangan, 4) pelaksanaan
dan 5) evaluasi. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi produk, lembar
praktikalitas produk, tes hasil belajar materi dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap
kehidupan serta lembar observasi aktivitas belajar. Uji Validitas dilakukan oleh empat
orang pakar di bidang pembelajaran dan evaluasi, struktur dan tata bahasa, kegrafikaan
serta keilmuan Geografi. Uji praktikalitas dilakukan oleh tiga orang guru Geografi serta
dua kelas sampel dari dua sekolah yang berbeda yaitu SMA Pembangunan Laboratorium
UNP dan SMAN 3 Padang. Data dianalisis dengan teknik presentase dan secara kualitatif.
Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dilakukan uji beda.
Penelitian menghasilkan Model Pembelajaran EXO OLO Task yang memiliki
empat sintak yaitu 1) penguatan konsep dengan kata kunci, 2) EXO Task (penyajian soal
LOTS dan MOTS), 3) OLO Task (penyajian soal HOTS) serta 4) refleksi proses
pembelajaran dengan format Three Ways Conference. Hasil uji validitas dan praktikalitas
menunjukkan hasil sangat tinggi. Uji efektifitas membuktikan bahwa siswa yang belajar
dengan model pembelajaran EXO OLO Task memiliki hasil belajar yang lebih tinggi
dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran lain/konvensional.
Demikian juga dengan kualitas aktivitas belajar yang ditunjukkan oleh siswa selama
pembelajaran. Dampak pengiring dari penerapan model pembelajaran ini adalah
munculnya semangat di kalangan siswa untuk saling peduli, saling berbagi dan
berkolaborasi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model
Pembelajaran EXO OLO Task adalah model pembelajaran yang valid, efektif dan praktis
untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran
Geografi khususnya pada materi dinamika atmosfer dan pengaruhnya terhadap kehidupan
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Keterampilan Berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan-D3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:40 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9798 |