Ihsan, Muhammad (2020) Pengembangan Model Pembelajaran IHSAN Pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_MUHAMMAD_IHSAN_15193041_1719_2021.pdf [thumbnail of B1_8_MUHAMMAD_IHSAN_15193041_1719_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_MUHAMMAD_IHSAN_15193041_1719_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian inididasari dari studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need
analysis) yang dilakukan pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman. Temuan
yang diperolah yaitu tidak optimalnya pembelajaran Algoritma Pemrograman. Hal
ini disebabkan oleh bebarapa faktor antara lain model dan strategi pembelajaran
yang belum tepat guna dalam proses pembelajaran. Analisis kebutuhan juga
menemukan adanya prioritas dan kebutuhan dosen dan mahasiswa terhadap
perbaikan proses pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi capaian abad
21. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran
yang dapat memperbaiki dan mencapai kompetensi yang diharapkan.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development). Metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk
pada model ADDIE dengan lima tahapan yaitu analysis, design, development,
implementation dan evaluation. Teknik analisis menggunanakan uji Aiken‟V,
CFA, dan Analisis Jalur. Sedangkan uji validitas didapat dari pendapat ahli
berkaitan dengan instrumen dan produk pada Focus Group Discussion (FGD).
Kemudian, uji kepraktisan didapat melalui angket yang diberikan kepada
mahasiswa yang diberi perlakuan guna memperoleh kualitas produk yang
dikembangkan.
Temuan penelitian adalah sebuah model pembelajaran IHSAN pada mata
kuliah algoritma pemrograman di pendidikan tinggi, yang dilengkapi dengan buku
model, buku modul ajar, dan perangkat pembelajaran. Model dan sistem
pendukung memenuhi kriteria validitas dan layak digunakan menurut para pakar.
Model dan produk pengembangan memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai
praktis menurut dosen dan mahasiswa. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa
aktifitas dan hasil belajar mahasiswa lebih unggul menggunakan model
pembelajaran IHSAN (kelas eksperimen) dibandingkan dengan Model
Konvensional (Kelas kontrol). Kemampuan crithical thingking, communication,
collaboration dan creativity (4C) berkembang dengan baik. Hasil penelitian ini
dapat digunakan oleh dosen, mahasiswa dan perancang pembelajaran dalam
mengembangkan atau merealisasikan proses pembelajaran yang mampu
mengoptimalkan peran peserta didik untuk kreatif dan inovatif dalam membangun
pengetahuan dan kompetensi mahasiswa dalam proses pembelajaran. Implikasi
penelitian ini bahwa model pembelajaran IHSAN yang dikembangkan mampu
mengoptimalkan proses pembelajaran pada mata kuliah algoritma pemrograman
di Pendidikan Tinggi.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Algoritma Pemrograman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9795 |