Pengembangan Model Blended Learning berbasis PBL-(Project Based Learning) pada Mata Kuliah Kriptografi

Perangin-angin, Moch. Iswan (2021) Pengembangan Model Blended Learning berbasis PBL-(Project Based Learning) pada Mata Kuliah Kriptografi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_MOCH_ISWAN_PERANGIN_ANGIN_17193052_200_2022.pdf] Text
B1_8_MOCH_ISWAN_PERANGIN_ANGIN_17193052_200_2022.pdf

Download (778kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut perguruan tinggi
tidak hanya sekedar materi tetapi juga memiliki kemampuan dibidangnya masingmasing
termasuk Kriptografi. Belum tersedianya laboratorium desain keamanan
dan minimalnya, sistem keamanan, desain jaringan komputer dan fleksibilitas
waktu tatap muka dalam pembahasan materi yang disusun tidak sesuai dengan
kompetensi pada mata kuliah ini.
Untuk mengatasi kekurangan dalam kegiatan pembelajaran tersebut, maka
dilakukan pengembangan model blended learning berbasis project based
learning. Pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan
model pengembangan Puslitjaknov yang mereduksi tahapan Borg and Gall
menjadi lima tahapan yaitu analisis produk, desain produk awal, validasi dan
revisi ahli, uji coba lapangan dan implementasi. Subyek penelitian ini adalah
mahasiswa STMIK Triguna Dharma Padang yang mengambil mata kuliah
Kriptografi pada tahun ajaran 2019.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket dan tes.
Data dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk
menghasilkan produk penelitian berupa buku, modul, rencana pembelajaran dan
manual penggunaan aplikasi pembelajaran. Validasi produk oleh ahli, uji
kepraktisan yang dilakukan oleh pengguna dan uji keefektifan dengan hasil
belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian ini adalah: 1)
Penelitian telah berhasil mengembangkan model blended learning berbasis
project based learning pada mata kuliah Kriptografi, 2) Sintaks model
pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 9 tahapan/sintaks, 3) Dalam
menunjang kegiatan pembelajaran, guide book, course outline dan panduan
mahasiswa. Semua produk dan model yang dikembangkan telah dikembangkan
dan dikategorikan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 May 2025 03:39
Last Modified: 03 May 2025 03:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item
View Item