M. Firdaus, M. Firdaus (2021) Pengembangan Model Sinektik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Gaya Bahasa Satire di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_M_FIRDAUS_14169016_1775_2022.pdf [thumbnail of B1_8_M_FIRDAUS_14169016_1775_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_M_FIRDAUS_14169016_1775_2022.pdf
Download (6MB)
Abstract
Kesulitan utama dalam menulis puisi bagi mahasiswa adalah menggunakan
majas-majas yang mampu mengungkapkan tujuan puisi, menemukan ide puisi, dan
dalam menentukan. Masih sedikit proses pembelajarannya dikaitkan tentang praktik
sosial yang digunakan peserta didik untuk menghidupkan kreativitas mereka dalam
penulisan puisi. Salah satu wadah mengomunikasikan kritik adalah lewat puisi.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan pengembangan model
pembelajaran menulis puisi berbasis satire dalam mata kuliah Menulis Karya Sastra
di Perguruan Tinggi yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan mengikuti konsep desain pengembangan model
ADDIE. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 mengambil mata
kuliah peminatan Menulis Karya Sastra di FKIP UIR. Jenis data pada penelitian ini
terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil diskusi,
observasi/pengamatan, dan wawancara, sedangkan data kuantitatif dari instrumen
validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektivitas.
Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini terdiri dari: 1)
Buku Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire ; 2) Buku Panduan
Pelaksanaan Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire ; dan 3) Modul
Pembelajaran Menulis Puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan
model pembelajaran menulis puisi berbasis satire dalam mata kuliah Menulis Karya
Sastra di Perguruan Tinggi dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.
Dengan demikian, Model Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis Satire dapat
digunakan untuk meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan berpikir kritis
mahasiswa dalam pembelajaran menulis puisi di perguruan tinggi
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Sinektik Menulis Puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 May 2025 03:39 |
Last Modified: | 03 May 2025 03:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9793 |