Jeumpa, Kemala (2021) Model Pembelajaran Innovation Project Application (IPA) pada Aplikasi Lapis Dinding JEUMPA (Jangkau Energi Hunian Hemat Pakai Kelapa). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_KEMALA_JEUMPA_14193013_5070_2021.pdf [thumbnail of B1_8_KEMALA_JEUMPA_14193013_5070_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_KEMALA_JEUMPA_14193013_5070_2021.pdf
Download (914kB)
Abstract
Studi ini bertujuan melakukan pengembangan model pembelajaran
Innovation Project Application (IPA) dalam pembelajaran Lapis Dinding Jeumpa.
Model IPA ini dikembangkan dengan mensintesis model PjBl dan lingkungan.
Model IPA ini dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan dan
motivasi peserta didik dalam inovasi terkait bahan bangunan hemat energi dari
limbah lingkungan yaitu sabut kelapa sebagai jawaban permasalahan lingkungan
masyarakat. Selain itu model IPA ini dikembangkan juga untuk merespon tantangan
industri 4.0 yaitu tantangan ekonomi meliputi meningkatnya kebutuhan akan
inovasi; tantangan terhadap lingkungan meliputi perubahan pada iklim dan sumber
alam yang membutuhkan motivasi dalam melindungi kerusakan lingkungan dan
inovasi menciptakan solusi bagi lingkungan berkelanjutan.
Dalam proses pengembangan Model IPA ini merujuk pada metode Penelitian
dan Pengembangan (R&D) yang diadopsi dari ADDIE dengan melakukan lima
tahapan proses. Berdasarkan kebutuhan pembelajaran Lapis Dinding Jeumpa agar
tujuannya tercapai maka pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam model
IPA terdiri atas 7 sintaks. Sintaks dalam Model IPA dikelompokkan dalam 2 Fase
yaitu Fase Perencanaan dan Fase Produksi. Model IPA ini juga dilengkapi dengan
sistem pendukung untuk pembelajaran yaitu berupa buku ajar, buku model, buku
pedoman dosen dan buku panduan mahasiswa. Untuk mengetahui kelayakan
penggunaan Model IPA maka divalidasi oleh Tim ahli dan dianalisis menggunakan
Structural Equation Model (SEM). Untuk mengetahui tingkat praktis dan efektif
dari Model IPA ini dilakukan pengujian pada subjek penelitian yaitu mahasiswa
prodi D3 Teknik Sipil UNIMED. Subjek penelitian terbagi kelas terbatas dan kelas
diperluas meliputi kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil Pretest dan
Posttest.
Berdasarkan hasil pengujian validitas diperoleh hasil Model IPA dinyatakan
layak karena memenuhi syarat kelayakan dengan tingkat R-Square >0,67.
Berdasarkan uji praktikalitas dinyatakan bahwa Model IPA praktis untuk
digunakan. Berdasarkan uji efektivitas dinyatakan bahwa Model IPA efektif dalam
peningkatan pembelajaran peserta didik. Secara keseluruhan dari perolehan hasil
uji coba maka dinyatakan bahwa Model IPA valid, praktis dan efektif.
Kata Kunci: Model IPA, Lapis Dinding Jeumpa, Sabut Kelapa, Lingkungan, PjBL
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Application JEUMPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 02 May 2025 13:18 |
Last Modified: | 02 May 2025 13:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9786 |