Penggunaan E-learning 2 UNP Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Jurussan Sejarah

Ramadhan, Rizki Muhammad (2021) Penggunaan E-learning 2 UNP Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Jurussan Sejarah. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RIZKI_MUHAMMAD_RAMADHAN_16046074_3956_2021.pdf] Text
B1_2_RIZKI_MUHAMMAD_RAMADHAN_16046074_3956_2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemic COVID-19 yang melanda Indonesia khususnya Universitas Negeri Padang yang menyebabkan bergantinya sistem belajar tatap muka menjadi sistem belajar daring sepenuhnya yang menggunkan media E-Learning 2 UNP. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat penggunaan dan kendala oleh dosen dan mahasiswa dalam penggunaan E-Learning 2 UNP di Jurusan Sejarah UNP. Jenis penelitian ini adalah, penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi goal free yaitu bebas dari tujuan, dimana penelitian ini tidak terikat oleh tujuan atau kriteria untuk menentukan keberhasilan suatu program. dengan menggunakan metode Mix Methods (kuantitatif dan kualitatif). Penelitian kuantitatif dilakukan terlebih dahulu dengan menyebar angket kepada 11 dosen Sejarah dan 82 mahasiswa Sejarah, setelah mengolah hasil angket didapatkan dilanjutkan dengan melakukan wawancara kepada dosen dan mahasiswa Sejarah untuk mendapatkan hasil penelitian kualitatif.
Teknik simple random sampling dipilih sebagai teknik pengambilan sampel dengan mempertimbangkan tingkatan umur dari responden dan tingkat homogenitas dari responden. Setelah data penelitan dioleh dan didapatkan hasil bahwa tingkat penggunaannya E-Learning 2 UNP di jurusan Sejarah SANGAT BAIK dengan persentase 91% tetapi dalam penggunaan fitur-fitur E-Learning 2 UNP terdapat beberapa fitur yang jarang digunakan yaitu fitur IMS Content Package, BigBlueButtonBN, Quiz, SCORM, Via, Workshop, Survey, Glossary, Wiki, Database, External Tool. Penyebab jarangnya digunakan fitur-fitur tersebut adalah terkendala keterbatasan waktu pembelajaran yang kurang, adanya kesamaan kegunaan dibeberapa fitur, menyesuaikan dengan materi yang diajar keterbatasan kemampuan dosen dalam menggunakan fitur-fitur tersebut. Dan beberapa fitur yang sering digunakan yaitu fitur File, Folder, URL/Link, Label, Page, Book, Attendance, Lesson, Chat, Choice, Forum, Feedback, Assigment. Penyebab seringnya digunakan fitur-fitur tersebut adalah mudahnya fitur-fitur tersebut digunakan, sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran .
Lalu ditemukan kendala yang dirasakan oleh dosen dan mahasiswa yaitu terkendala jaringan yang tidak stabil, E-Learning 2 UNP yang sering eror di jam tertentu, kuota yang boros, terkendala teknologi dan penggunaannya.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring Sejarah, E-Learning 2 UNP

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 13:18
Last Modified: 02 May 2025 13:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item
View Item