Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 145 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018

Hidayati, Rahmi (2018) Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 145 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAHMI_HIDAYATI_15124049_4515_2018.pdf] Text
B1_01_RAHMI_HIDAYATI_15124049_4515_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal karena kurangnya pemahaman siswa dalam mengenali prosedur dalam merumuskan strategi penyelesaian serta kesulitan dalam menyatakan peristiwa atau masalah dalam bahasa atau simbol Matematika. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan strategi Think Talk Write dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep Matematika dan kemampuan komunikasi Matematika siswa dengan menggunakan penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini merupakan penelitian tindakn kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 Orang di SDN 145 Pekanbaru. Data penelitian diperoleh dari pengamatan kegiatan siswa dan pemahaman konsep serta kemampuan komunikasi Matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan strategi TTW dapat meningkatkan pemahaman
konsep dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,7%. peningkatan kemampuan komunikasi Matematika dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 39,4%. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TTW dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi Matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 09:47
Last Modified: 02 May 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9764

Actions (login required)

View Item
View Item