Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing di SMA N 1 Palembayan Kabupaten Agam

Desnita, Wira (2012) Peningkatan Aktivitas Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Melalui Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing di SMA N 1 Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WIRA_DESNITA_89240_2957_2012.pdf] Text
B1_2_WIRA_DESNITA_89240_2957_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Aktivitas belajar siswa IPS SMA Negri I Palembayan. Pembelajaran sejarah hanya dilaksanakan secara konvesional sehingga kurang memperhatikan Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung,akibatnya mereka kurang memahami materi pembelajaran tentang Fakta,Konsep,Prinsip. Dengan kata lain pembelajaran lebih fokus pada pencapaian Materi ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing di SMA N 1 Palembayan. terutama pada siswa kelas XI 2 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari enam kali pertemuan dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu Perencanaan,Tindakan,Observasi dan Refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN I Palembayan. Alat yang digunakan adalah daftar tally yang memuat hasil observasi tentangAktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran.Teknik análisa data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P=(F/N)X100%. 2 Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukan adanya peningkatan Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran sejarah. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh dengan menganalisis data observasi dari sepuluh indikator aktivitas terjadi peningkatan diantaranya rata-rata siswa tekun membaca buku teks/bahan ajar pada siklus pertama rata-rata 55,5%,sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan rata-rata 71,6%.Rata-rata siswa rajin bertanya selama proses pembelajaran pada siklus pertama 70,0% sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan rata-rata 75,0%.Rata-rata siswa antusias menjawab pertanyaan pada siklus pertama 88,3%,sedangkan pada siklus kedua mengalami peningkatan rata-rata 90,0%.. pengamatan aktivitas belajar siswa dari siklus pertama ke siklus kedua umumnya aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran Sejarah terlihat di Kelas XI IPS SMAN I Palembayan,kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Snowball Throwing, Mata Pelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 02 May 2025 09:47
Last Modified: 02 May 2025 09:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item
View Item