Kendala Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPS di Sekolah Inklusi (Studi Kasus: SMPN 23 Padang)

Pitriani, Leli (2017) Kendala Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran IPS di Sekolah Inklusi (Studi Kasus: SMPN 23 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_LELI_PITRIANI_1201801_2303_2017.pdf] Text
B1_04_LELI_PITRIANI_1201801_2303_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan inklusi sebagai program pendidikan yang dicanangkan pemerintah yang bertujuan agar anak berkebutuhan khusus lebih berkembang optimal dengan mengikuti program pendidikan yang sama dengan anak biasa. Namun, pada implementasinya muncul berbagai permasalahan yang membuat pembelajaran IPS belum berjalan secara optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS pada anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi pada SMPN 23 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional dengan konsep AGIL yang dikemukakan oleh Talcott Parson. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus (case study), pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan penelitian adalah 32 orang yaitu guru mata pelajaran IPS, guru pembimbing khusus, wakil kurikulum, siswa dan orang tua siswa SMP Negeri 23 Padang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif dari Matthew B Miles dan A. Michael Huberman (reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Adapun kendala yang ditemui guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di sekolah inklusi adalah (a) kurangnya pemahaman guru mengenai karakteristik anak berkebutuhan khusus, (b) kurang maksimalnya penataran yang diterima guru (c) guru kurang memahami keseluruhan materi IPS karena guru yang ada guru bidang studi (d) guru kurang memahami media pembelajaran (e) guru mata pelajaran yang sertifikasi. Adanya kendala yang ditemui oleh guru mata pelajaran IPS membuat pembelajaran IPS belum optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kendala Guru, Sekolah Inklusi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 09 May 2025 06:53
Last Modified: 09 May 2025 06:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9753

Actions (login required)

View Item
View Item