Naldi, Riyo (2012) Persepsi Guru Pamong terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktek Lapangan Mata Pelajaran Penjasorkes di SDN Sekecamatan Koto Tangah Lubuk Buaya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_RIYO_ NALDI_ 03481_1603_2012.pdf [thumbnail of B1_04_RIYO_ NALDI_ 03481_1603_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_RIYO_ NALDI_ 03481_1603_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di lapangan, penulis mengetahui dan mendapat informasi bahwa presepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktek lapangan kurang baik. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana presepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktek lapangan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga kesehatan dan rekreasi di SDN kecamatan koto tangah lubuk buaya. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pamong mata pelajaran penjasorkes yang ada di SDN.kecamatan koto tangah lubuk buaya yang berjumlah sebanyak 24 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling, dengan demikian jumlah sampel adalah sebanyak 24 orang guru pamong. Jenis data dalam penelitian yaitu data primer, data yang dikumpulkan langsung oleh peneliti dengan mengajukan angket kepada sampel. Sedangkan data skunder, diperoleh dari TU masing-masing SDN kecamatan koto tangah lubuk buaya. Selanjutnya data dianalisis dengan persentase menggunakan rumus P = F/Nx100 % Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa sub veriabel kegiatan awal dalam pembelajaran penjasorkes diperoleh tingkat capaian sebesar 83.3% berada pada kategori “baik sekali”, dan untuk sub variabel kegiatan inti diperoleh tingkat capaian sebesar 71.3% berada pada kategori “baik sekali”. Sedangkan untuk sub variabel kegiatan akhir diperoleh tingkat capaian sebesar 68.8% berada pada kategori “baik sekali”, artinya secara keseluruhan presepsi guru pamong SDN kecamatan koto tangah lubuk buaya baik sekali terhadap mahasiswa praktek lapangan dalam pembelajaran penjasorkes. Disarankan kepada guru pamong dan mahasiswa di dalam pembelajaran lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Mengajar, Penjasorkes |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure L Education > LB Theory and practice of education S Sport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:57 |
Last Modified: | 02 May 2025 08:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9739 |