Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Songket di Nagari Pandai Sikek, Kec.X Koto, Kab. Tanah Datar

Hidayat, Riski (2017) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Songket di Nagari Pandai Sikek, Kec.X Koto, Kab. Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RISKI_HIDAYAT_1202041_3052_2017.pdf] Text
B1_04_RISKI_HIDAYAT_1202041_3052_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian songket Pandai Sikek, berdasarkan hasil observasi dengan menyebarkan angket pra penelitian mengenai bauran pemasaran kepada 20 orang responden, dari hasil observasi tersebut 70% responden menyatakan harga songket dinilai tinggi, 75 % responden menyatakan promosi songket belum memadai. Selanjutnya dari hasil survei dan wawancara kepada tamu terdapat beberapa baliho yang mulai rusak dan dari hasil survei kepada beberapa pengusaha songket didapatkan data fluktuasi penjualan songket di Nagari Pandai Sikek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian songket di Nagari Pandai Sikek, Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Bauran Pemasaran (X) Terhadap Keputusan Pembelian Songket (Y) di Nagari Pandai Sikek, Kec. X Koto, Kab. Tanah Datar. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli songket di Nagari Pandai Sikek, Kec.X Koto, Kab. Tanah Datar dimana jumlahnya tidak diketahui. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 orang didapatkan dengan menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Widiyanto (2008: 34) untuk populasi yang tidak diketahui. Diambil menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah data penilaian konsumen mengenai bauran pemasaran songket Pandai Sikek dengan menyebarkan kuesioner(angket). Teknik analisis dengan uji regresi linear. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Bauran Pemasaran berada pada kategori baik (57,29%), (2) Keputusan Pembelian Songket berada pada kategori baik (72,92%), (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung dengan sig. 0,000 < 0,05, maka variabel bauran pemasaran dapat menjelaskan keputusan pembelian songket secara signifikan, dengan R Square sebesar 0,297. Artinya bauran pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian songket sebesar 29% dan sisanya 71% dipengaruhi oleh faktor lain. Selanjutnya t hitung 6,298 > t tabel (± 1,984) dengan taraf signifikan 0,05, maka terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Kemudian diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,282 dengan nilai t hitung 6,298 pada sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan bauran pemasaran akan meningkatkan 0,2 satuan keputusan pembelian songket. Dengan demikian hipotesis yang diajukan (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 08:05
Last Modified: 02 May 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9709

Actions (login required)

View Item
View Item