Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Tutor dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Warga Belajar Kelas VIII Paket B di PKBM Sakido Kabupaten Lima Puluh Kota

Afriana, Riska (2017) Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Tutor dengan Hasil Belajar Bahasa Inggris Warga Belajar Kelas VIII Paket B di PKBM Sakido Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RISKA_AFRIANA_1300260_141_2018.pdf] Text
B1_04_RISKA_AFRIANA_1300260_141_2018.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar warga belajar Paket B di PKBM Sakido Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini diduga karena komunikasi interpersonal tutor dalam proses pembelajaran warga belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) menggambarkan komunikasi interpersonal tutor, (2) menggambarkan hasil belajar warga belajar, dan (3) melihat hubungan antara komunikasi interpersonal tutor dengan hasil belajar warga belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi adalah warga belajar kelas VIII yang berjumlah 40 orang dan 75% dijadikan sampel yaitu sebanyak 30 warga belajar dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, dengan alat pengumpulan data yang berupa kusioner dengan analisis perhitungan persentase dan menggunakan rumus produck moment untuk melihat hubungan keduanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Masih rendahnya komunikasi interpersonal tutor kepada warga belajar. (2) Masih tergolong rendahnya hasil belajar warga belajar kelas VIII di PKBM Sakido, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal tutor dengan hasil belajar Bahasa Inggris warga belajar Kelas VIII di PKBM Sakido Kabupaten Lima Puluh Kota.b Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) Bagi tutor agar memberikan gaya berkomunikasi yang lebih bersifat interpersonal kepada warga belajar supaya menumbuhkan semangat belajar demi meningkatnya hasil belajar warga belajar, (2) Bagi pengelola agar mendorong tutor lebih berkomunikasi secara interpersonal, akrab dan hangat kepada warga belajar demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 08:04
Last Modified: 02 May 2025 08:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9703

Actions (login required)

View Item
View Item