Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMK Negeri 5 Padang

Sisri, Wirma (2019) Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIRMA_SARI_15063022_2206_2019.pdf] Text
B1_3_WIRMA_SARI_15063022_2206_2019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan dampak yang besar terhadap perkembangan dunia pendidikan. Sebahagian besar instansi pendidikan sudah memanfaatkan teknologi terkini dalam proses pembelajaran, begitupun dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan digital Content ke dunia nyata. Dalam hal ini AR dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar secara efektif. Beranjak dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa serta terbatasnya variasi media pembelajaran di SMK Negeri 5 Padang, maka perlu adanya penerapan media Augmented Reality ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis Augmented Reality di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-experimental, dengan desain penelitian one group pretest postest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XL2 di SMK Negeri 5 Padang yang berjumlah 29 orang. Metode pengumpulan data diperoleh menggunakan hasil pretest dan postest. Analisis data yang digunakan untuk melihat efektivitas media dalam meningkatkan kemampuan siswa dapat dilihat dengan analisis ketuntasan klasikal dan Effect Size. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya media pembelajaran berbasis Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam domain koqnitif. Hal ini dapat diketahui dari penguasaan pembelajaran yang telah dicapai oleh sebahagian besar siswa atau ketuntasan hasil belajar siswa yang ditantandai dengan benyaknya siswa yang tuntas atau secara klasikal adalah 86.21 %. Selain itu juga dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil pretest dan postest yang diperoleh dari hasil analisis Effect Size dengan nilai 1.43 yaitu dalam kategori besar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Efektivitas, Ketuntasan Klasikal, Effect Size.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 02 May 2025 08:03
Last Modified: 02 May 2025 08:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9692

Actions (login required)

View Item
View Item