Putri, Wirdona (2015) Peranan Guru PPKn Dalam Membina Karakter Religius Siswa di SMPN 1 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WIRDONA_PUTRI_55287_120_2015.pdf [thumbnail of B1_3_WIRDONA_PUTRI_55287_120_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WIRDONA_PUTRI_55287_120_2015.pdf
Download (701kB)
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan tentang peranan guru PPKn dalam membina karakter religius siswa di SMPN 1 Payakumbuh, melalui gambaran karakter religius yang dilakukan dan peranan guru PPKn dalam membina karakter religius. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan dilakukan dengan tekhnik Purposive Sampling. Jenis datanya data primer dan data sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kegiatan religius yang dilakukan siswa di sekolah yaitu: Kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran sekitar 8% yang belum dilakukan dengan khusyuk. Shalat dhuha, sekitar 8% siswa yang tidak melaksanakannya. Shalat dzuhur berjamaah, sekitar 30% siswa yang tidak melaksakan shalat dzuhur secara berjamaah. Merayakan hari besar keagamaan, sekitar 5% siswa yang meribut. Mengumpulkan infaq, sekitar 5% siswa yang tidak mengumpulkan infaq dan ada juga karena terpaksa. Pagi menghafal ayat An-Naba’, sekitar 50% siswa yang tidak mau tampil saat namanya dipanggil. Muhadarah, sekitar 5% siswa yang meribut dibelakang dan ada juga yang tidak memperhatikannya. Kegiatan tersebut sudah terlaksana dengan baik tetapi belum maksimal. Hal yang demikian diperlukan peranan guru PPKn dalam membina karakter religius siswa. Peranan guru PPKn dalam membina karakter religius siswa di sekolah dengan memberikan bimbingan, motivator, fasilitator dan memberikan model kepada siswa bagaimana cara menerapkan karakter religius di dalam kehidupan. Selain dari itu peranan yang dilakukan guru dengan memberikan keteladanan dengan hal yang demikian siswa dapat melihat bukti nyata dari apa yang diajarkan oleh guru kepadanya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Siswa, Membina |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 02 May 2025 08:02 |
Last Modified: | 02 May 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9688 |