Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di SMP Kota Pariaman

Japemar, Japemar (2021) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di SMP Kota Pariaman. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_JAPEMAR_0951776_5168_2021.pdf] Text
B1_8_JAPEMAR_0951776_5168_2021.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata nilai uji kompetensi guru
(UKG) di Kota Pariaman secara keseluruhan masih rendah dengan rata-rata 60,43
dan khususnya hasil uji kompetensi guru (UKG) pada jenjang pendidikan SMP
masih tergolong rendah dengan rata-rata 61,45. Hal ini mengindikasikan bahwa
kinerja guru SMP di Kota Pariaman masih rendah. Untuk itu perlu diteliti faktorfaktor
yang mempengaruhi kinerja guru dalam kaitannya dengan supervisi
akademik pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan
motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara
empiris faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dilihat dari faktor supervisi
akademik pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan
motivasi berprestasi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey karena
bersifat menerangkan atau menggambarkan fenomena yang sedang dipelajari
tentang variabel yang mempengaruhi dalam satu diagram jalur (path Analysis).
Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri yang bertugas di Kota
Pariaman yang tersebar dalam 9 SMP Negeri dengan jumlah 300 orang guru.
Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik Proposional Stratified Random
Sampling. Sedangkan penentuan sampel dihitung dengan menggunakan rumus
dari Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, dari hasil perhitungan
didapatlah jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyal 174 orang guru.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis
melalui analisis deskriptif dan analisis induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung
variabel supervisi akademik pengawas terhadap kinerja guru, (2) terdapat
pengaruh langsung variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru,
(3) terdapat pengaruh langsung variabel budaya organisasi terhadap kinerja guru,
(4) terdapat pengaruh tidak langsung variabel supervisi akademik pengawas
terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi, (5) terdapat pengaruh tidak
langsung variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui
motivasi berprestasi, dan (6) terdapat pengaruh tidak langsung variabel budaya
organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi. Dengan demikian
untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri Kota Pariaman dapat dilakukan
melalui peningkatan supervisi akademik pengawas, kepemimpinan kepala
sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi. Selanjutnya telah disusun
produk berbentuk buku untuk memberi arah berkaitan dengan hal-hal yang dapat
dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya Organisasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 02 May 2025 07:46
Last Modified: 02 May 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9669

Actions (login required)

View Item
View Item