Afsyahni, Wila (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik bagi Anak Tunarungu : Single Subjek Research Kelas VIII di SLB Fan Redha Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_WILA_AFSYAHNI_16003112_946_2021.pdf [thumbnail of B1_2_WILA_AFSYAHNI_16003112_946_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_WILA_AFSYAHNI_16003112_946_2021.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakang oleh masalah yang muncul pada anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman yaitu menjawab pertanyaanpertanyaan yang terkait dengan bacaan yang dibaca. Terlihat saat menjawab pertanyaan dari cerita yang telah dibaca anak menjawab dengan asal-asalan dan sering bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan agar terbuktinya apakah media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian subjek tunggal/ Single Subjeck Research (SSR), dengan pola desain A-B-A. Baseline (A1) merupakan kemampuan awal dalam membaca pemahaman, intervensi (B) merupakan kondisi dimana diterapkannya penggunaan media komik kepada subjek yang diteliti dan baseline (A2) merupakan kemampuan anak setelah diberhentikannya intervensi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir soal instrumen. Hasil penelitian pada baseline (A1) anak mendapatkan skor 20%, intervensi (B) kemampuan anak meningkat mencapai 80%. Pada baseline (A1) dan intervensi (B) Overlap yaitu 50% sedangkan baseline (A2) dan intervensi (B) Overlap yaitu 50%. Semakin kecil persentase Overlap, maka semakin baik pengaruh intervensi/perlakuan terhadap perubahan tingkah laku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penggunaan media komik pada anak tunarungu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Komik, Membaca Pemahaman, Tunarungu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:44 |
Last Modified: | 02 May 2025 13:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9668 |