Hidayat, Hendra (2016) Pengembangan Model Instruksional berbasis Produk pada Mata Kuliah Elektronika Daya Program Studi Teknik Elektro Industri. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_HENDRA_HIDAYAT_1209896_3214_2022.pdf [thumbnail of B1_8_HENDRA_HIDAYAT_1209896_3214_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_HENDRA_HIDAYAT_1209896_3214_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarkan analisis kebutuhan pada studi pendahuluan, ditemukan bahwa
model instruksional pada Elektronika Daya di Jurusan Teknik Elektro Industri
tidak efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan
sebuah model instruksional berupa Model Instruksional berbasis Produk yang
valid, praktis dan efektif. Kondisi program instruksional dianalisis untuk
mengidentifikasi kelemahan dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini termasuk pada
penelitian yang mengembangkan dan menghasilkan model instruksional berbasis
produk.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Koefisien Konkordansi
Kendall W untuk validitas konstruk, Uji Aiken’s V untuk validitas konten dan
teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan,
kepraktisan dan efektifitas model instruksional berbasis produk. Untuk mengukur
validitas produk dilakukan uji pakar dan Focus Group Discussion, sedangkan
untuk kepraktisan dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk
anket kepraktisan produk Pada praktikalitas model juga dilihat peningkatan
aktifitas mahasiswa dan untuk melihat efektifitas produk dilakukan uji coba
eksperimen, dengan menggunakan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design,
pada aspek kognitif. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor menggunakan
lembar observasi dalam bentuk rubrik penilaian.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu validitas sintaks dan Model
Instruksional berbasis Produk dinyatakan valid pada aspek konstruk, aspek isi,
aspek penyajian,dan satuan acara pembelajaran dan validitas jobsheet
pembelajaran berbasis produk dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian
dan aspek format serta validitas business plan pembelajaran berbasis produk
dinyatakan valid pada aspek isi, aspek penyajian dan aspek format. Sedangkan
untuk praktikalitas Model Instruksional berbasis Produk berdasarkan respon dosen
dan mahasiswa dinyatakan sudah praktis dan efektivitas Model Instruksional
berbasis Produk dinyatakan efektif dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa
aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotor serta peningkatan aktifitas belajar,
juga membantu menumbuhkan minat dan semangat kewirausahaan mahasiswa
melalui pembuatan business plan. Model Instruksional berbasis Produk dapat
digunakan sebagai alternatif model pembelajaran di pendidikan kejuruan dan
vokasional, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi dan
semangat kewirausahaan mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Instruksional Pengembangan Produk |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:44 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9665 |