Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar

Hidayanthi, Rahma (2023) Pengaruh Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics (STEAM) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_RAHMA_HIDAYANTHI_21124018_1635_2023 (20 Feb).pdf] Text
B1_01_RAHMA_HIDAYANTHI_21124018_1635_2023 (20 Feb).pdf

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh penggunaan pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics (STEAM) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa di kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan menggunkan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam siswa kelas V Sekolah Dasar di Gugus I Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling diperoleh kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen di SDN 17 Kampung baru Pariaman. Pada kelas eksperimen digunakan perlakukan pendekatan STEAM dan pada kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Instrumen penelitian ini yaitu tes dan angket. Tes digunakan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep dan angket digunakan untuk melihat disposisi matematis siswa. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh: (1) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diperoleh bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Diperoleh nilai korelasi R yaitu sebesar 0,578 dan nilai R square sebesar 0,334 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pendekatan STEAM terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 33,4 %. (2) Nilai signifikansi Sig. Sebesar 0,000 < 0,05 maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diperoleh bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan STEAM terhadap disposisi matematis. Diperoleh nilai korelasi R yaitu sebesar 0,681 dan nilai R square sebesar 0,477 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh pendekatan STEAM terhadap disposisi matematis siswa adalah sebesar 47,7 %. (3) persamaan regresi yaitu Y = 9,304 + 0,482X , nilai konstanta sebesar 9,304 mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel ini 9,304. Koefesien regresi X sebesar 0,482 menyatakan bahwa koefesien determinasi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh disposisi matematis dan pemahaman konsep adalah positif. Pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah sebesar 21,3 % terlihat dari nilai korelasi R yaitu sebesar 0,381 dan nilai R square sebesar 0,213.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:43
Last Modified: 02 May 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9662

Actions (login required)

View Item
View Item