Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Kelas XI MIPA SMA N 1 Gunung Tuleh

Gusmalia, Gusmalia (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Kelas XI MIPA SMA N 1 Gunung Tuleh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_GUSMALIA_18029036_4860_2022.pdf] Text
B1_01_GUSMALIA_18029036_4860_2022.pdf

Download (14MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah peserta didik memiliki
pemahaman konsep matematis yang baik Namun, pemahaman konsep peserta
didik masih tergolong rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu menerapkan
model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan Pemahaman Konsep matematis peserta didik yang belajar
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik
daripada pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan pembelajaran
konvensional serta mendeskripsikan perkembangan pemahaman konsep
matematis peserta didik selama diterapkannya model pembelajaran Kooperatif
tipe Two Stay Two Stray di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung Tuleh.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan The
nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian adalah
peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung TulehT tahun pelajaran
2022/2023 dengan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2
sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan melalui kuis dan tes
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Data nilai kuis
dianalisis berdasarkan rata-rata nilai, serta persentase skor peserta didik per
indikator. Data tes dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa secara umum
perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik mengalami
peningkatan selama menggunakan model TSTS. Kemudian, berdasarkan hasil uji
hipotesis, terlihat bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik daripada pemahaman konsep
matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.
Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS
terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:43
Last Modified: 02 May 2025 07:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9660

Actions (login required)

View Item
View Item