Hamsidar, Hamsidar (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_HAMSIDAR-15169040_1305_2022.pdf [thumbnail of B1_8_HAMSIDAR-15169040_1305_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_HAMSIDAR-15169040_1305_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kelas koreografi terdiri dari mahsiswa yang kemampuan awalnya tidak
merata, maka kualitas kreativitasnya dan produktivitasnya juga tidak merata,
malah tidak akan muncul dalam memproduksi karya tarinya. Karena input
mahasiswa yang ada di kelas koreografi berasal dari SMA dan SMK, secara pasti
memiliki latar belakang ketrampilan seni yang berbeda. Lulusan sekolah umum
dan kejuruan memiliki daya tangkap dan imajinasi seni yang sangat beragam dan
menjadi beban kerja yang cukup berat bagi dosen, bagaimana memotivasi
mahasiswa tersebut sehingga dia mencapai kemampuan yang merata. Penelitian
ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran yang valid, praktis dan
efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan model 4-D.
Pengembangan model 4-D memiliki empat tahap utama yaitu: Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan
Disseminate (Penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena bertujuan untuk
menghasilkan Pengembangan Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif
Produktif. Dari hasil penelitian diperoleh suatu model pembelajaran berbasis
projek untuk Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif. Model
Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yang dikembangkan telah
memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Tingkat validitas Buku
Model Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif yaitu 0,72 dan
berkategori valid. Tingkat validitas Buku Dosen Pembelajaran Koreografi
berbasis Kreatif Produktif yaitu 0,87 dan berkategori sangat valid. Tingkat
validitas Buku Mahasiswa Pembelajaran Koreografi berbasis Kreatif Produktif
yaitu 0,76 dan berkategori valid. Uji coba praktikalitas mendapatkan hasil yaitu
tingkat praktikalitas buku dosen menurut dosen dalam persentase yaitu 70,73 dan
berkategori praktis. Sedangkan tingkat praktikalitas dari buku model dalam
persentase adalah 70,56 dan berkategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut
produk penelitian tersebut telah mudah digunakan karena sudah memenuhi
kriteria praktikalitas. Hasil uji efektivitas, bila dilihat dari rata-rata seperti pada
lampiran excel diketahui bahwa rata-rata nilai post test lebih tinggi dibandingkan
dengan pre test, dimana rata-rata nilai post test sebesar 76, 25 dan rata-rata nilai
pre test sebesar 64,5 sehingga dapat dikatakan terjadi peningkatan nilai
mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajaran Koreografi
berbasis Kreatif Produktif
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kreatif Produktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:43 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9659 |