Fiftin, Osni (2017) Pengaruh Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_OSNI_FIFTIN_15124048_5451_2017.pdf [thumbnail of B1_01_OSNI_FIFTIN_15124048_5451_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_OSNI_FIFTIN_15124048_5451_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa hanya mendapat informasi dari guru, dan kurangnya kemampuan guru untuk memadukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan melihat (1) Adanya pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPA. (2) Adanya pengaruh keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional
(3) Adanya Interaksi antara model Discovery Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design dengan rancangan Only Group Posttest Control. Pada kelas eksperimen diterapkan model Discovery Learning, di kelas kontrol diterapkan model konvensional. Dengan populasi seluruh
siswa kelas V SD N 16 Air Tawar Timur dan sampel SDN 26 Air Tawar Timur sebagai kelas kontrol. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan anava satu arah. Hasil penelitian disimpulkan (1) Terdapat pengaruh keterampilan berpikir
kreatif siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning dalam pembelajaran IPA dengan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan pendekatan konvensional di kelas V SDN 16 Air Tawar Timur Padang. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan berpikir kreatif siswa yang
diajar dengan menggunakan Model Discovery Learning dengan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional. (3) Tidak terdapat pengaruh yang rendah antara keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan menggunakan Model Discovery Learning dengan keterampilan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9649 |