Wahyuni, Rita (2012) Efektifitas Media Abakus untuk Meningkatkan Kemampuan Pengurangan bagi Tunarungu (Single Subject Research) Kelas II di SLB Ampek Angkek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RITA WAHYUNI_01138_4377_2012.pdf [thumbnail of B1_2_RITA WAHYUNI_01138_4377_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RITA WAHYUNI_01138_4377_2012.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang tampak terjadi
pada anak tunarungu X kelas II diSLB Ampek Angkek Agam, yang mengalami
kesulitan dalam menghitung pengurangan bilangan dua angka. Hal ini terlihat dari
kemampuan awal anak dalam mengerjakan sejumlah soal yang diberikan yaitu 10
soal. Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan kemampuan
anak Tunarungu X dalam pengurangan bilangan dua angka dengan menggunakan
media Abakus. Media abakus adalah salah satu alternatif dalam pemecahan
masalah ini. Abakus terdiri dari manik-manik yang berfungsi untuk menghitung
soal-soal pengurangan.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah single subject research
(SSR) dengan desain penelitiannya adalah A-B-A, yaitu membandingkan
kemampuan pengurangan anak Tunarungu X pada kondisi Baseline I (A1),
kondisi Intervensi (B), dan Baseline II (A2). Teknik analisis data yang digunakan
berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis Of Grafik.
Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada
kondisi baseline I (A1) sebanyak tujuh kali, kondisi treatment sebanyak tujuh kali,
dan baseline II (A2) sebanyak empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini
ditujukan pada analisis data dari 10 soal pengurangan yang diberikan, analisis
dalam kondisi dan analisis data antar kondisi yang menunjukkan adanya
perubahan kemampuan pengurangan bilangan sebanyak 10 soal pada anak X ke
arah yang lebih baik. Didapat persentase overlape adalah 0% dan 42%. Dari hasil
perolehan data ini dapat disimpulkan bahwa media Abakus efektif digunakan
untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bagi anak Tunarungu kelas II.
Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran Matematika agar dapat
menggunakan Abakus dalam pembelajaran berhitung bagi anak tunarungu
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:42 |
Last Modified: | 02 May 2025 13:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9644 |