Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia Kelas V SD.

Nurwatni, Nurwatni (2018) Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Organ Peredaran Darah Hewan dan Manusia Kelas V SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NURWATNI_16124057_4262_2018.pdf] Text
B1_01_NURWATNI_16124057_4262_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi Organ peredaran darah hewan dan manusia antara peserta didik yang belajar melalui pembelajaran model integrated dan peserta didik yang belajar melalui pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dengan hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi rendah serta interaksi antara model integrated dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik di kelas V MIN 1 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan factorial design 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitia ini adalah simple Rondom Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas VA MIN 1 Kota Padang sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan Kelas VB MIN 1 Kota Padang sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari angket motivasi belajar, lembar observasi dan rubrik serta tes hasil belajar. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Dari hasil analisis diperoleh: (1) hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model integrated lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model konvensional; (2) hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi tinggi lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang memiliki motivasi rendah; (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model integrated dengan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Integrated
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:41
Last Modified: 02 May 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9631

Actions (login required)

View Item
View Item