Gambaran Persepsi Peserta Pelatihan terhadap Kemampuan Instruktur dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Indonesian Business Training Center Padang

Erizal, Jum'atul Mabruri (2017) Gambaran Persepsi Peserta Pelatihan terhadap Kemampuan Instruktur dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di Indonesian Business Training Center Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_JUMATUL_MABRURI_ERIZAL_96039_1095_2017.pdf] Text
B1_04_JUMATUL_MABRURI_ERIZAL_96039_1095_2017.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini diduga dikarenakan instruktur telah berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran di IBTC Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran persepsi peserta pelatihan terhadap kemampuan instruktur dalam hal kemampuan merencanakan program belajar, melaksanakan pembelajaran, evaluasi terhadap hasil belajar di Indonesian Business Training Center Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan dengan tiga program keahlian yaitu juru masak, perhotelan, pramugari staf air line yang berjumlah 29 orang. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling yaitu cara pengambilan sampel berdasarkan kelompok sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) gambaran persepsi peserta terhadap kemampuan instruktur dalam hal merencanakan program belajar terlihat sangat baik, hal ini terbukti dari responden yang menjawab selalu karena instruktur merencanakan program belajar berdasarkan tujuan, menyusun strategi, merencanakan media pembelajaran, 2) gambaran persepsi peserta terhadap kemampuan instruktur dalam hal melaksanakan pembelajaran terlihat sangat baik, hal ini terbukti responden yang menjawab selalu bahwa instruktur menyampaikan materi dalam pembelajaran, melakukan interaksi, menggunakan media yang menarik, 3) gambaran persepsi peserta terhadap kemampuan instruktur dalam hal evaluasi terhadap hasil belajar terlihat sangat baik, hal ini terbukti dari respoonden yang menjawab selalu instruktur melakukan penilaian proses pembelajaran, memberikan tes tulisan dan lisan untuk mengetahui keberhasilan peserta. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah bagi instruktur agar lebih memberikan materi pelatihan yang lebih baik lagi di Indonesian Business Training Center Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Indonesian Business Training Center Padang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: VANYA VANYA
Date Deposited: 02 May 2025 07:41
Last Modified: 02 May 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9629

Actions (login required)

View Item
View Item