Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN Se-Kecamatan Sungai Penuh Tahun Ajaran 2013/2014

Kumeira, Badar (2014) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN Se-Kecamatan Sungai Penuh Tahun Ajaran 2013/2014. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BADAR_KUMEIRA_1203717_3663_2014.pdf] Text
B1_1_BADAR_KUMEIRA_1203717_3663_2014.pdf

Download (613kB)

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Kecamatan
Sungai Penuh disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih terpusat pada guru.
Selain itu, Kemampuan awal yang dimiliki siswa juga sangat berpengaruh terhadap
kesiapan siswa dalam memulai sebuah proses pembelajaran. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and
Learning).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman
konsep matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual
apakah lebih tinggi dari pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan
pendekatan pembelajaran konvensional. Baik secara umum, maupun dalam
kelompok siswa berkemampual awal tinggi dan rendah.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu
(Quasi Experimen). Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IX SMP Negeri
Kecamatan Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel pada penelitian ini
terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan pendekatan pembelajaran
kontekstual dan kelas kontrol dengan pendekatan konvensional. Pengambilan
sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan awal
matematika siswa dan tes pemahaman konsep matematika siswa. Analisis data
dilakukan dengan menggunakan uji- t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih
tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan
pendekatan pembelajaran konvensional. (2) Peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan
pembelajaran kontekstual lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep
matematika siswa berkemampuan awal tinggi yang diajar dengan pendekatan
pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa
berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan pembelajaran
kontekstual lebih tinggi dibandingkan pemahaman konsep matematika siswa
berkemampuan awal rendah yang diajar dengan pendekatan pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item
View Item