Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa

Luahambowo, Baspuri (2018) Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_BASPURI_LUAHAMBOWO_16151055_4753_2019.pdf] Text
B1_1_BASPURI_LUAHAMBOWO_16151055_4753_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih ditemukan siswa yang mempunyai
keterampilan belajar yang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari kebiasaan siswa
yang suka membolos, catatan kurang lengkap, menyontek saat ujian, siswa
cenderung bersikap tidak aktif atau tidak mengajukan pertanyaan apabila ada
materi yang kurang dimengerti, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, masih
banyak siswa yang mendapatkan nilai ujian di bawah kriteria ketuntasan minimal
(KKM). Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan keterampilan belajar
siswa adalah memberikan layanan informasi menggunakan pendekatan
cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
efektivitas layanan informasi menggunakan pendekatan cooperative learning tipe
jigsaw untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu
quasi experiment bentuk non equivalent control group. Subjek penelitian yaitu
siswa SMP Negeri 25 Padang kelas VIII.5 sebagai kelompok eksperimen dan
siswa kelas VIII.7 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen keterampilan belajar model skala Likert. Data dianalisis dengan
menggunakan statistik teknik Wilcoxon Signed dan teknik Kolmogorov Smirnov 2
Independent Sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan informasi menggunakan
pendekatan cooperative learning tipe jigsaw lebih efektif untuk meningkatkan
keterampilan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:40
Last Modified: 02 May 2025 07:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9617

Actions (login required)

View Item
View Item