Pelaksanaan Model Problem Based Learning untuk Meingkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang

Argusni, Rika (2019) Pelaksanaan Model Problem Based Learning untuk Meingkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RIKA_ARGUSNI_4555_15058093_2019.pdf] Text
B1_04_RIKA_ARGUSNI_4555_15058093_2019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMAN 16 Padang yang dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan Problem Solving siswa dalam pembelajaran Sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa dalam mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru mata pelajaran Sosiologi terutama di SMAN 16 Padang dalam meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model Problem Based Learning yang dilakukan dalam dua siklus selama enam kali pertemuan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang, semester genap tahun 2019 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian tentang kemampuan Problem Solving siswa dalam proses pembelajaran Sosiologi diolah menggunakan rumus persentase P=(F/N)X100%. Persentase peningkatan kemampuan Problem Solving siswa pada siklus I 51,5% dan siklus II naik menjadi 84%, berarti terjadi peningkatan kemampuan Problem Solving siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan Problem Solving siswa kelas XI IIS SMAN 16 Padang karena siswa sudah mampu untuk berfikir dalam penyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Problem Solving, Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 02 May 2025 07:39
Last Modified: 02 May 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9605

Actions (login required)

View Item
View Item