Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Strategi Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review di kelas IV Sekolah Dasar

Zikri, Ahmad (2021) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Berbasis Strategi Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review di kelas IV Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_AHMAD_ZIKRI_17124003_2704_2022.pdf] Text
B1_01_AHMAD_ZIKRI_17124003_2704_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Bahan Ajar yang digunakan belum memberipetunjuk yang jelas, Bahan Ajar yang digunakan belum memuat langkah-langkahmengamati, Bahan Ajar belum menggunakan gambar-gambar yang konkrit,Bahan Ajar belum merangsang siswa tanya jawab, Bahan Ajar belum berisilembar evaluasi, Bahan Ajar belum menggunakan strategi yang sesuai dengankegiatan membaca. Hal ini menyebabkan siswa belum memahami bacaan yangdibacanya, sehingga berdampak pada hasil pembelajaran siswa. Permasalahan dilapangan dapat diselesaikan dengan melakukan pengembangan Bahan Ajardengan strategi SQR4 di kelas IV sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif.Tujuan penelitian mengembangkan Bahan Ajar dengan strategi SQ4R di kelas IVSekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan denganmenggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian(define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran(disseminate). Tahap disseminate dilakukan pada skala terbatas. Bahan Ajar yangdikembangkan yaitu pada tema 4 subtema 3 (Pekerjaan orang tuaku) yangdivalidasi oleh ahli dibidang isi, bahasa,dan kegrafikan. Uji coba dilakukan diSDN 05 Batang Gasan dan penyebaran dilakukan di SDN 13 Batang Gasan.Kepraktisan Bahan Ajar dilihat dari angket respon guru dan siswa, keefektifandilihat dari observasi aktivitas dan hasil belajar siswa.Hasil yang diperoleh, validasi Bahan Ajar diperoleh rata-rata 3,6 dengan kategorisangat valid. Pada tahap praktikalitas, diperoleh hasil bahwa Bahan Ajar sudahpraktis untuk digunakan. Penggunaan Bahan Ajar dapat meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 83%. Iniberarti Bahan Ajar efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkanhasil tersebut dapat dikatakan bahwa Bahan Ajar yang dikembangkan telah valid,praktis dan efektif digunakan sebagai di kelas IV sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar; Strategi SQ4R; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Wiwi Sartika S.Sos
Date Deposited: 20 Jan 2025 06:59
Last Modified: 20 Jan 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item