Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yang Dilengkapi LKS pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2011/ 2012

Navidia, Hely (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yang Dilengkapi LKS pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMPN 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2011/ 2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_HELY_NAVIDIA_86090_502_2012.pdf] Text
B1_2_HELY_NAVIDIA_86090_502_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran matematika yang berlangsung saat ini belum mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Guru cenderung sebagai faktor utama dalam proses pembelajaran dan guru lebih aktif dibandingkan siswa. Disaat pemberian latihan terdapat indikasi siswa malas berpikir, serta ada siswa yang tidak mau saling berbagi pengetahuan dengan teman yang lain. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk perbaikan hasil belajar dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperif TPS lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hipotesis yang dikemukakan adalah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Only Design untuk melihat hasil belajar dan untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa mengacu pada rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Batang Anai Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara acak. Kelas yang terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.1 sebagai kelas kontrol. Rata-rata tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 66,73 sedangkan rata rata hasil tes akhir siswa kelas kontrol adalah 57,06. Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji hipotesis yang menggunakan uji-t. Setelah dianalisis diperoleh thitung = 2,33 sedangkan α = 0,05 dan dk = 63 diperoleh ttebel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE , PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 02 May 2025 07:36
Last Modified: 02 May 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9581

Actions (login required)

View Item
View Item