Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 12 Padang: Studi Kasus Kelas XI IPS

Helvina, Helvina (2016) Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Diskusi Kelompok pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 12 Padang: Studi Kasus Kelas XI IPS. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_HELVINA_55231_1567_2016.pdf] Text
B1_2_HELVINA_55231_1567_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Diskusi kelompok adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengadakan perbincangan atau diskusi guna mengumpulkan pendapat ,membuat kesimpulan, atau menyusun berbagai pemecahan suatu masalah. Dalam diskusi kelompok saling tukar fikiran dan pendapat secara lisan, mengenai pokok permasalahan. Namun dalam pelaksanaan diskusi kelompok banyak siswa yang masih kurang mengerti dengan diskusi kelompok ini. Baik dari segi persiapan atau perencanaan, pelaksanaan diskusi kelompok, dan tindak lanjut dari diskusi kelompok itu sendiri. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang pelaksanaan diskusi kelompok pada mata pelajaran sejarah di SMAN 12 Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX IPS sebanyak 96 siswa. Dari jumlah siswa 96 dijadikan sampel 49 siswa. Insrtumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan skala pengukuran skala likert yang dianalisis secara statistik, dan analisa data dengan menggunakan perhitungan persentase dan pengkategorian positif, Netral, dan Negatif Berdasarkan analisa data yang diolah, diperoleh bahwa persepsi siswa secara umum adalah positif terhadap pelaksanaan diskusi kelompok dalam pembelajaran sejarah di kelas IX IPS SMAN 12 Padang yaitu 1) Positif terhadap persiapan atau pelaksanaan/perencanaan diskusi kelompok, 2) Positif terhadap pelaksanaan diskusi kelompok, 3) Positif dalam tindakan lanjut diskusi kelompok . Sehingga diperoleh secara keseluruhan persepsi siswa tentang pelaksanaan diskusi kelompok pada mata pelajaran sudah positif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah persepsi siswa dalam pelaksanaan meode kelompok pada mata pelajaran sejarah adalah positif. Selain itu, siswa di kelas XI IPS dominan berpandangan positif terhadap pelaksanaan diskusi kelompok adalah penyampian materi dalam diskusi. Dalam pelaksanaan diskusi kelompok sebaiknya guru meningkatkan penerapan dalam perencanaan, pelaksanaan hingga tindak lanjut diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DIKSKUSI KELOMPOK, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 15:58
Last Modified: 01 May 2025 15:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9570

Actions (login required)

View Item
View Item