Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle dalam Bentuk Aplikasi Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 2 Sijunjung

Wiranda, Wira (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Pictorial Riddle dalam Bentuk Aplikasi Macromedia Flash terhadap Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMAN 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIRA_WIRANDA_17983_204_2016.pdf] Text
B1_3_WIRA_WIRANDA_17983_204_2016.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajar fisika masih belum optimal disebabkan karna kurang efektifnya strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa. Model Pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu model pembelajaran yang dipandang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri BerbasisPictorial Riddle dalam Bentuk Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu) dengan rancangan penelitian berupa Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas XMIA di SMA Negeri 2 Sijunjung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling.Terpilih kelas X MIA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yaitu rata-rata kelas eksperimen 78,06 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 72,76, Kedua kelas sampel berasal dari populasi yang terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen, sehingga dilakukakan uji hipotesis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 5%.Berdasarkan Uji t diperoleht hitung = 2,16>t tabel = 1,67. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti dari Model Pembelajaran Inkuiri BerbasisPictorial Riddle dalam Bentuk Aplikasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Pictorial Riddle, Macromedia Flash, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 15:53
Last Modified: 01 May 2025 15:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9562

Actions (login required)

View Item
View Item