Hermawan, Rafki (2011) Adopting Survey as an Activity in Teaching Speaking English at Senior High School. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_RAFKI_ HERMAWAN_64087_2816_2011.pdf [thumbnail of B1_RAFKI_ HERMAWAN_64087_2816_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_RAFKI_ HERMAWAN_64087_2816_2011.pdf
Download (407kB)
Abstract
Berbicara (speaking) merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa disamping keterampilan bahasa lainnya seperti mendengar (listening), membaca (reading), dan menulis (writing). Dalam aplikasinya, banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Pertama, siswa mengalami kesulitan karena kurangnya kosakata yang mereka miliki sehingga mereka tidak mengetahui apa yang akan mereka sampaikan. Selanjutnya, dalam pengajaran speaking guru sering menggunakan dialog (conversation) dan meminta siswa untuk menghapal. Aktivitas ini terlalu monoton karena siswa pasif dalam praktek berbicara dan tidak menarik minat siswa dalam belajar speaking. Dalam makalah ini penulis mencoba untuk mendiskusikan cara pengajaran dalam speaking dengan menggunakan aktivitas yang dapat menarik minat siswa dan juga dapat melatih siswa dalam speaking. Salah satu aktivitas tersebut adalah Survey. Kegiatan ini dibagi dalam tiga pertemuan. Pertemuan pertama akan membahas tentang pembuatan questionaire. Siswa akan diminta untuk memilih topik yang akan mereka survey selnjutnya mereka akan membuat questionnaire dalam Bahasa Indonesia dan selanjutnya mereka akan mentranslatenya ke Bahasa Inggris. Pada pertemuan kedua, siswa akan melakukan survey. Siswa akan dibagi dalam dua kelompok, kelompok interviewer dan kelompok interviewee. Selama murid melakukan survey guru akan mengontrol dan membantu siswa jika ada kesulitan. Pada pertemuan terakhir, siswa dan guru akan menyimpulkan hasil survey. Kemudian beberapa siswa akan mempresentasikan hasil survey tersebut. Aktivitas ini sangat efektif dalam menarik minat siswa dalam belajar speaking karena topik yang digunakan sesuai dengan minat siswa. Disamping itu siswa akan aktif dalam speaking bukan pasif sebab siswa akan berlatih speaking dengan menggunakan ide yang ada dalam pikiran mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Berbicara, Keterampilan Berbicara (Speaking) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:53 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9561 |